Cara Membersihkan Toren atau Tangki Air DYNO TANK

Posted by AZYT on 01.38 with 1 comment

Toren atau tangki air DYNO TANK adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai penyimpan air untuk kebutuhan sehari-hari. Perawatan wadah air yang satu ini sering kurang mendapat perhatian karena lokasi penempatan yang biasanya jauh dari jangkauan yaitu di luar rumah dan menggunakan menara atau tower.

Toren yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus akan memungkinkan tumbuhnya lumut dan memengaruhi kualitas air. Selain itu, kualitas sumber air yang kurang baik akan memungkinkan terjadinya endapan tanah atau lumpur di dasar toren.9

Selain menyewa jasa pembersihan toren, perawatan toren dimungkinkan untuk dikerjakan sendiri. Pembersihan toren dapat dilakukan 3 - 6 bulan sekali. Bila lebih dari itu, air menjadi kotor dan endapan atau kotoran makin menumpuk di dasar tangki. Endapan tersebut berkemungkinan akan masuk ke saluran distribusi air dan menghambat laju aliran sehingga air menjadi kecil.

Perawatan toren terdiri dari 2 bagian yaitu pemeriksaan dan pembersihan toren beserta aksesoris pendukungnya. Aksesoris yang dimaksud adalah valve atau keran, pipa, pompa yang terhubung ke tangki, tutup tangki, fitting inlet dan outlet serta aksesoris pendukung lainnya.


Hal pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan secara fisik dari luar, apakah ada retak bocor dan masalah dari fitting-nya. Jika dari luar tangki tidak ditemukan masalah, baru dilanjutkan dengan melihat sisi dalam toren.

Pada sisi dalam toren, biasanya terdapat kotoran-kotoran yang ikut masuk yang mungkin berasal dari saluran pipa, terlebih lagi banyak sumber air untuk tangki adalah air tanah sehingga memungkinkan lumpur, tanah, pasir, ikut naik. Bila kotoran telah banyak, terlihat kuning atau kecokelatan, maka perlu adanya pengurasan.

Berikut ini cara atau langkah-langkah untuk membersihkan toren atau tangki air DYNO TANK.

  1. Bersihkan bagian dalam tangki dengan menggunakan kain lap atau spons karena sifat lumut yang hanya menempel. Tidak disarankan menggunakan sikat, baik kawat maupun bulu karena kan melukai dinding bagian dalam tangki.
  2. Bila tak terjangkau oleh tangan, pembersihan dapat menggunakan batang pel yang dilapisi kain atau dapat juga menggunakan alat pel yang mempunyai batang.
  3. Setelah semua bagian dalam dilap dan lumut yang ada dibersihkan, bila keseluruhan bagian dalam tangki dengan air bersih. Agar pembersihan toren dapat lebih optimal, sebaiknya semua pipa dan aksesoris dilepas.
  4. Bila pipa dan fitting tak memungkinkan untuk dilepas, maka sisa cairan bisa dikeluarkan menggunakan pipa siphon (pipa kuras) yang dipasang pada saluran kuras (drain) dibagian dalam toren, dibantu dengan pompa hisap.
  5. Bersihkan pula bagian luar tangki dengan menggunakan lap.

Semoga dapat membantu ya...
Apabila ingin ganti dengan tandon air yang baru.....beli DYNO TANK saja..
Dyno Tank berbahan plastik murni dan 3 lapisan sehingga tebal dan awet.
Tersedia ukuran mulai 650 lt s/d 5200 lt
hubungi marketing kami :