Tips Merawat Tangki Air

Posted by AZYT on 18.55 with No comments


Tangki air berfungsi sebagai tempat penyimpanan air untuk kebutuhan sehari-hari. Perawatan wadah air yang satu ini sering kurang mendapat perhatian karena lokasi penempatan yang biasanya jauh dari jangkauan yaitu di luar rumah dan menggunakan menara atau tower. Tangki air yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus akan memungkinkan tumbuhnya lumut dan memengaruhi kualitas air. Selain itu, kualitas sumber air yang kurang baik akan memungkinkan terjadinya endapan tanah atau lumpur di dasar tangki, untuk itu perlu dilakukan pembersihan tangki secara rutin. Berikut tips membersihkan tanki air di rumah Anda:
  1. Sebaiknya pengurasan dilakukan secara rutin maksimal paling cepat 1 bulan sekali atau minimal 3 bulan sekali, lakukanlah sesuai kadar tingkat kekeruhan sumber air. Agar tidak terjadi penumpukkan pasir atau lumut didalam toren ,yang dampak jangka panjang bisa menyebabkan aliran kran air menjadi kecil bahkan tersumbat
  2. Tangki air yang biasanya dipasang diatas rumah akan terkena langsung paparan sinar matahari, hal ini akan menyebabkan cepat tumbuhnya lumut karena sifat air yang terkena sinar ultraviolet. Hendaknya tangki air Anda diberi pelindung atap penutup agar tangki air tidak langsung terkena cahaya matahari.
  3. Dicat dengan menggunakan cat besi atau cat kayu yang berwarna gelap, manfaatnya disamping menahan sinar matahari membuat tangki air lebih tahan lama. Biasanya tangki air yang telah berumur lebih 10 -15 tahun sudah mulai rapuh. Maka untuk menambah jangka umur tangki air lakukanlah tips tersebut.
  4. Gunakan tangki penampungan air yang mempunyai ketahanan tinggi sehingga anti pecah dan rusak. Tangki Air Tirta merupakan tangki berbahan dasar stainless steel tipe 304 menjadikan tangki ini tidak mudah terserang oleh jamur maupun lumut. Selain itu, tangki Tirta juga memiliki kaki penyangga sehingga mudah dalam instalasi.

Ternyata membersihkan tangki air tak sesulit yang dibayangkan, semoga tips ini bermanfaat.