Tandon Air Plastik Murni dengan 3 Lapisan

DAPATKAN DYNO TANK YANG ORIGINAL & BERKWALITAS HANYA DISINI

Kamis, 12 April 2018

Cara Ampuh Atasi Pipa Saluran Pembuangan Air Mampet

Posted by AZYT on 16.18 with No comments


Anda memiliki masalah dengan saluran pembuangan air yang tersumbat? seperti wastafel, tempat cucian piring, closet, septic tank. Pipa pembuangan air lama-kelamaan akan menjadi mampet. Penyebab mampet diantaranya tumpukkan lemak, sabun yang mengendap, kotoran yang mengerak, atau kumpulan rambut. Sumbatan ini akan menimbulkan bakteri hingga mengeluarkan bau tak sedap.
Bagi Anda penyedia layanan kamar hotel atau penginapan, hal ini bisa merusak reputasi bisnis Anda dimata konsumen karena dianggap kurang menjaga kebersihan yang dapat mengganggu kenyamanan tamu saat menginap. Tidak hanya di kamar tamu, masalah ini juga sering ditemui di dapur restoran dan dapur rumah.
Sebenarnya banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, namun sebagian pebisnis memilih cara praktis yaitu memanggil jasa saluran mampet tanpa bongkar untuk menyelesaikannya.
Berikut ini beberapa cara mengatasi saluran pembuangan air mampet:
  1. Air Mendidih
    Perhatian: cara yang satu ini dikhususkan bagi pipa yang terbuat dari logam atau metal. Tidak berlaku untuk pipa paralon pvc karena adanya kemungkinan pipa meleleh karena suhu air yg panas. Caranya, masak air sebanyak 1 panci besar atau sesuai perkiraan Anda kira-kira sampai mendidih. Tuangkan secara perlahan ke saluran wastafel yang tersumbat. Lakukan berulang kali sampai semua penyumbatnya menjadi larut. Metode ini ampuh untuk penyumbat yang ringan seperti timbunan lemak, tumpukan sabun, gumpalan rambut yang kusut. Manfaat dari metode ini sangat mudah, murah, efektif.Hati-hati saat menuangkannya, lindungi tangan Anda & hindarkan dari jangkauan anak-anak.
  2. Garam
    Campurkan setengah kilo garam dapur dengan 5 liter air panas. Tunggu beberapa menit hingga garam larut. Tuangkan seluruh larutan panas tersebut ke saluran yang tersumbat secara perlahan. 3 jam kemudian guyur saluran dengan air untuk test apakah air sudah bisa keluar. Cara ini efektif untuk menghancurkan penyumbat yang tidak bandel pada wastafel, wc, kloset, cucian dapur. Namun hati-hati karena menggunakan air panas. Lindungi tangan & jauhkan dari anak-anak. Manfaat menggunakan garam adalah mudah, murah, tidak merusak pipa serta meminimalisir bakteri yang hilang karena garam. Metode ini hanya untuk pipa berbahan logam atau metal.
  3. Plunger (karet penyedot)
    Plunger adalah alat penyedot berupa tongkat & karet penyedot diujungnya. Banyak tersedia di toko bangunan. Agar daya sedotnya kuat, pilih plunger yang memiliki moncong di bagian penyedotnya. Bagaimana caranya? Kuras genangan air dimulut saluran yang mampet, letakkan plunger di lubang saluran & pastikan rapat agar daya sedotnya maksimal. Gunakan kain atau karet untuk membalutnya jika dirasa masih ada rongga udara. Pompa berulang kali lalu test apakah air sudah bisa mengalir. Manfaat metode ini adalah tanpa adanya bahan kimia & penggunaan air panas yang beresiko bagi manusia maupun pipa paralon pvc yang mudah meleleh. Namun, cara ini hanya digunakan jika sumber penyumbatnya adalah benda yang keras atau padat.
  4. Soda Api
    Lindungi diri untuk mencegah resiko yang mungkin terjadi dengan mengenakan pelindung mata, masker hidung, sarung tangan, dan buka pintu/jendela. Lakukan perlahan & hati-hati. Siapkan soda api yang banyak tersedia di toko bangunan. Kuras & pastikan tidak ada genangan air di mulut pipa. Tuangkan soda api ke dalam saluran pipa (tidak ada takaran pasti) lalu siram perlahan dengan air panas. Hati-hati saat menyiram, pastikan jauh dari wajah Anda karena soda api akan bereaksi ketika disiram air panas. Setelah beberapa menit, siram dengan air biasa untuk memastikan apakah saluran air telah kembali normal. Siram kembali dengan air panas (tanpa soda api) jika dirasa air belum lancar mengalir. Cukup ampuh & cepat untuk mengatasi noda bandel seperti lemak, kerak pada dinding pipa, bakteri, sabun, rambut, dll. Metode ini bisa diterapkan untuk saluran wc, cucian piring, septic tank, saluran pembuangan air lainnya. Peringatan, lakukan secara perlahan & jauhkan dari wajah.
  5. Cuka & Soda Kue
    Siapkan cuka putih & baking soda yang tersedia di dapur Anda. Kuras & pastikan tidak ada genangan di mulut pipa. Tuangkan baking soda beberapa sendok makan, tuangkan cuka perlahan. Cuka & soda kue akan bereaksi membentuk busa yang akan menghancurkan gumpalan penyumbat.Lakukan berulang kali hingga saluran air kembali lancar. Metode ini hanya digunakan untuk sumber penyumbat yang ringan.
  6. Kabel Auger
    Pastikan panjang kabel sesuai dengan panjang saluran pipa. Masukkan ujung kabel ke dalam saluran mampet. Dorong memutar, lalu tarik kembali, ulangi berkali-kali sampai sumbatan hancur atau terdorong keluar oleh kabel. Cara ini sangat aman & efektif meskipun pipa berbelok-belok, namun agak sedikit melelahkan jika saluran pipa sangat panjang.
Demikian beberapa cara yang dapat digunakan. Beberapa cara diatas memiliki kelebihan dan kekuarangn masing-masing. Bagi Anda pebisnis yang ingin mengatasi masalah serupa pada kantor, hotel, restoran Anda dengan cepat & praktis, disarankan untuk menggunakan jasa saluran mampet yang sudah berpengalaman

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar