Fungsi Tandon Air yang Utama

Posted by AZYT on 15.55 with No comments

Tandon air atau tangki air merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan air. Mengumpulkan di sini lebih mengarah sebagai bentuk penampungan air untuk tujuan tertentu, air itu dapat berasal dari berbagai sumber. Seperti air hujan yang dialirkan menggunakan talang, air sumur yang disedot menggunakan pompa air, dan juga air yang berasal dari PAM atau juga Pamsimas.

Penampung air yang juga biasa disebut dengan toren ini ternyata sangat bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan air. Baik itu bagi rumah yang tentu saja air akan sangat dibutuhkan oleh penghuninya, maupun untuk bangunan publik yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti kamar mandi/toilet atau apa pun itu yang membutuhkan air.

Pada perkantoran, tempat ibadah, hotel, bandara, dan bangunan publik lainnya hampir semuanya terdapat tandon air. Karena bangunan yang diperuntukkan untuk umum tentunya harus dapat memenuhi kebutuhan air dengan lancar dan terkendali. Juga pada tempat usaha seperti rumah makan, laundry, tempat pencucian mobil/motor, serta tempat usaha lainnya yang membutuhkan adanya air. Tempat ini seharusnya memiliki tandon air, bahkan sebaiknya dengan ukuran yang besar.

Berbeda halnya dengan rumah sebagai tempat tinggal, banyak penghuninya yang tidak menggunakan pengumpul air ini. Hal ini dapat dilihat banyak rumah yang tidak memilikinya. Mereka biasanya menyalurkan air langsung dari sumbernya, ditujukan pada tempat-tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan pipa. Kemudian sebagai pembuka dan pemutus alirannya menggunakan kran air.

Sebenarnya berapa pun ukurannya akan sangat baik apabila tersedia disetiap rumah maupun bangunan publik. Tentu saja bangunan publik yang dimaksud di sini adalah jika di dalamnya terdapat fasilitas yang membutuhkan air, seperti kamar mandi atau toilet misalnya. Bahkan untuk rumah makan akan sangat berguna, karena di tempat ini biasanya tidak terlepas dengan air.

Ada 2 fungsi tandon air yang utama yaitu:

Tempat Menyimpan Persediaan Air
Dengan tersedianya tempat penampung air ini, maka dapat dikatakan bahwa persediaan air akan selalu aman terkendali. Artinya jika suatu saat tiba-tiba sumber air tidak berjalan semestinya, Anda tetap mempunyai cadangan air yang dapat digunakan. Tentu saja hal ini akan dipengaruhi oleh seberapa besar ukuran tandon yang digunakan. Juga jika pada saat itu dalam keadaan terisi penuh, atau paling tidak ada isinya walaupun cuma hanya setengahnya saja.

Seperti halnya pada saat listrik padam, jika menggunakan air yang berasal dari sumur maka pompa air tidak dapat dinyalakan. Dengan begitu tentu saja tidak dapat mengalirkan air saat Anda membutuhkannya. Akan tetapi jika terdapat penampung air, sambil menunggu pompa air dapat difungsikan kembali maka persediaan air akan tetap ada.

Bagi yang mencukupi kebutuhan air dengan memanfaatkan fasilitas PAM, ketika tiba-tiba air tidak mengalir maka tidak perlu khawatir karena persediaan masih ada.

Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan, ada yang pada saat-saat tertentu aliran air akan sangat kecil atau mungkin tidak mengalir sama sekali. Maka jika ini yang terjadi, itu berarti tandon air sangat diperlukan.

Bagi yang kesulitan mendapatkan air bersih sehingga memanfaatkan air hujan sebagai pemenuhan kebutuhan yang utama, maka dapat dikatakan wajib memiliki penampung air. Karena kita tidak pernah tahu dengan pasti kapan hujan akan turun kembali. Semakin besar ukuran tandon, tentu akan lebih baik.

Untuk Menghemat Pemakaian Energi Listrik
Khususnya bagi yang menggunakan air yang bersumber dari sumur, tentu membutuhkan energi listrik untuk menyalakan pompa air. Dan semakin sering menyalakannya tentu listrik akan semakin boros, tentu saja akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Baik itu untuk membayar biaya rekening listrik maupun untuk membeli pulsa listrik.

Lain halnya jika tersedia tandon, maka pemakaian energi listrik akan lebih hemat. Pompa air akan dinyalakan ketika air dalam tandon habis. Bukankah ini juga salah satu cara bentuk penghematan dalam pemakaian energi listrik?

Itulah 2 fungsi utama dari tandon air, maka gunakanlah alat penampung air ini dan rasakan manfaatnya.

Semoga bermanfaat...