Penyebab dan Cara Mengatasi Air Tidak Keluar dari Keran atau Shower

Posted by AZYT on 15.17 with No comments

Kamar mandi harus dibuat senyaman mungkin supaya kegiatan membersihkan badan terasa menyenangkan. Salah satu faktor yang turut andil untuk membuat kenyamanan di kamar mandi adalah lancarnya air bersih yang mengalir dari keran atau shower.

Perangkat sanitari dan pipa yang menyalurkan air akan memengaruhi kelancaran air tersebut. Pemilihan perangkat sanitari dan pipa yang berkualitas dengan disertai pemasangan yang tepat akan membuat air mengalir tanpa hambatan.

Anda tidak perlu khawatir bila hal yang sebaliknya terjadi seperti aliran air sangat pelan atau bahkan tidak mengalir sama sekali. Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mencari tahu apa saja penyebabnya terlebih dahulu.

Nah, berikut ini beberapa penyebab mengapa air tidak mengalir dari keran atau shower beserta cara mengatasinya.

Pompa Air Tak Berfungsi dengan Baik
Cara untuk mengetahui apakah pompa bekerja dengan baik atau tidak adalah dengan menyalakan pompa air dan mendengarkan suara mesin. Pompa air tidak berhasil mengangkat air bila suara mesinnya terdengar ringan. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan ada udara di dalam pipa pompa yang menuju sumber air (sumur). Adanya kebocoran pada pipa dapat menyebabkan udara masuk.

Kebocoran pada Pipa
Kebocoran yang terjadi pada pipa bisa membuat tekanan air berkurang sehingga air yang keluar sangat lemah atau bahkan tidak keluar sama sekali. memeriksa air yang keluar pada ujung pipa atau keran dapat dilakukan untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada pipa atau tidak. Air akan keluar dengan baik jika tidak terdapat kebocoran pada pipa yang menuju tangki air.

Tersumbatnya Keran atau Shower
Pasir, kotoran, atau timbunan bahankimia yang tebal (kerak) yang menutup lubang shower dapat membuatnya tersumbat. Kerak bahan-bahan kimia merupakan akumulasi bahan kimia yang menempel pada bagian dalam keran atau shower. Bahan-bahan kimia tersebut biasanya berasal dari air yang bersumber dari air tanah.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memastikan mana yang menjadi penyebab masalah shower Anda. Anda bisa memperbaikinya dengan mudah setelah masalah ditemukan. Semua tergantung dari tingkat masalah yang ada. Misalnya, menghilangkan sumbatan pada pipa, mengganti pipa yang bocor, membersihkan atau mengganti kepala keran atau shower.

Membersihkan keran bisa dilakukan dengan cara melepas kepala keran seperti showerhead. Kemudian rendam dalam campuran air cuka. Tetapi, Anda bisa menggosok-gosokkan cuka putih memakai kapas pada kepala keran bila Anda malas melepasnya. Supaya noda larut, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan nyalakan keran selama 30 detik. Pastikan tidak ada air yang ditampung di bak mandi ketika melakukan pekerjaan ini.